Terapi Fokus Solusi Bebaskan Anda dari Kecanduan

ANDA ingin terbebas dari kecanduan? Mungkin terapi Fokus Solusi layak dicoba. Syaratnya Anda setidaknya harus benar-benar serius ingin terbebas dari kecanduan itu. Kalau pun hal ini sulit Anda lakukan, terapis juga mempunyai cara-cara tertentu untuk menggiring pasien menyadari kenapa ia harus terbebas dari kecanduannya itu.


Cara terapi ini cukup sederhana, tanpa alat atau obat apa pun. Terapi ini hanya mengenalkan pasien kepada tujuan yang ingin dicapainya. Dengan menyadari tujuan yang diinginkan, pasien kemudian dituntun untuk menyadari saat-saat dalam hidupnya dimana ia tidak kecanduan.

Cara yang sederhana ini, menurut salah seorang terapisnya Debbie Hogan dari Singapura, bisa langsung membebaskan pasien dari kecanduan dalam satu kali pertemuan saja.

Ungkapan ini juga dikuatkan terapis lainnya dari Amerika Serikat Matthew Selekman. Kedua terapis ini hadir di Indonesia atas undangan Kuningan Family & Community Center (KFCC) dan juga HOPE Wordwide Indonesia untuk memberikan pelatihan bagi para konselor di Indonesia.

Dengan terapi ini, kata Hogan, pasien disadarkan akan kemampuan dirinya sendiri bahwa mereka bisa melepaskan stigma atau label yang melekat dalam dirinya. Terapis dalam metode ini tidak akan menunjukkan teknik-teknik atau trik untuk keluar dari kecanduannya. Terapis hanya akan melakukan tanya jawab untuk mengetahui apa saja yang dinginkan pasien.

Dari tanya jawab itu, si pasien kemudian digiring untuk menyadari saat-saat atau kondisi ketika mereka bisa melepaskan dari kecanduan. Prinsip dalam terapi ini adalah seorang pecandu tidak akan selamanya ketagihan, pasti ada saat-saat tertentu dalam hidupnya di mana pasien bisa menjalani kehidupan secara normal.

Saat-saat itu yang kemudian diingatkan kepada pasien bahwa mereka sebenarnya bisa hidup secara normal tanpa kecanduan.
Hogan mengisahkan pengalamannya ketika menangani seorang yang mengaku kecanduan berbelanja sehingga tagihan kartu kreditnya membengkak dan istrinya kemudian minta bercerai. Ketika menangani pasien tersebut, Hogan juga sempat ragu apakah mampu membantu melepaskan pasien tersebut dari kecanduannya.

"Dia datang dengan beban yang begitu berat dan mengatakan sudah tiga terapis didatangi dan semuanya belum mampu memberikan jalan terbaik," katanya.

Hogan kemudian bertanya apa yang dinginkan pasiennya itu. Si pasien kemudian mengatakan bahwa ia ingin terbebas dari kecanduannya itu. Proses ini kemudian berlanjut dan ternyata ada pengakuan dari pasien bahwa ia pernah bisa menahan diri untuk berbelanja dan juga pernah mengembalikan barang yang sudah dibelinya.

Ketika mengetahui hal tersebut, Hogan kemudian balik bertanya, kalau begitu si pasien bukan seorang pecandu belanja. Seorang pecandu belanja, kata Hogan, pasti akan selalu belanja atau membeli barang-barang.

"Dia baru menyadari itu dan kemudian ketika proses tanya jawab selesai, si pasien langsung menjabat tangan saya dengan penuh percaya diri, dan pergi meninggalkan ruangan dengan tegak tanpa beban lagi," kata Hogan. Semua proses itu selesai dalam satu kali pertemuan saja.

Lain lagi pengalaman Selekman ketika menangani seorang pelajar yang menjual narkoba dan diharuskan mengikuti terapi. Si pasien bisa berubah melalui proses tanya jawab setelah ia mengemukakan bahwa dirinya ingin memperbaiki hubungan dengan orangtuanya yang juga bermasalah serta pemabuk.

Dalam tiga kali terapi, ternyata si pasien bisa berubah bahkan orang tuanya juga kaget karena ternyata anaknya bisa berubah. Hubungan keduanya pun kini lebih baik.

Mengenai penggunaan obat atau alat apa pun, Hogan mengatakan, terapi yang digunakannya bisa merupakan kombinasi dengan terapi lainnya. Artinya seorang pasien narkoba selain menggunakan metode ini, juga bisa menggunakan metode lain untuk mengeluarkan racun-racun dari tubuhnya.

"Kita tidak bersaing dengan metode terapi lain, karena itu pasien bisa ke mana saja untuk mengurangi atau melakukan detoks," katanya.

Sementara itu, Pendiri KFCC, Vania MN Djohan, mengatakan, pihaknya akan menggunakan metode ini tidak saja untuk masalah kecanduan, tetapi juga untuk perbaikan hubungan suami istri atau keluarga bahkan juga masalah trauma akibat bencana. (kompas.com)



Category Article , , ,

What's on Your Mind...

Powered by Blogger.

Dukung saya dalam lomba SEO

dukung saya dlam lomba seo Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia

My Blog List

Popular Posts

Labels

Kaltim Post (20) Konsultasi (12) konsultasi kesehatan (11) aku jagoan seo (8) klinik kecantikan (5) Dokter (4) Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009 (4) obat generik (4) seo (4) Cacing Kulit (3) Cacing tambang (3) Dokter online (3) Serangan Jantung (3) belajar SEO (3) creeping eruption (3) cutaneous larva migrans (3) kanker otak (3) konsultasi kesehatan kulit (3) konsultasi kesehatan saraf (3) obat paten (3) sakit kepala (3) BB ideal (2) RSPB (2) Tribun kaltim (2) anak sehat (2) antibiotika (2) dokter umum (2) gairah sex (2) ibu hamil (2) infeksi saluran kemih (2) jagoan (2) kecerdasan (2) konsultasi sex (2) lomba SEO (2) rahasia laki-laki (2) sex hamil (2) situs kesehatan (2) ASI (1) Albendazole 4% (1) Albumin (1) Angin Duduk (1) Angina Pectoris (1) BAB (1) BPPOM (1) Bersepeda (1) CRIPE (1) CTS (1) Cacar Air (1) Herpes zoster (1) ILA (1) ISK (1) Ikan Gabus (1) Ispa (1) Judul (1) KLL (1) Kencing manis (1) MBS (1) Odapus (1) Penyakit Tropik (1) Perawatan kaki (1) Problem seksual (1) Prostat (1) RS Soetomo (1) SKA (1) SLE (1) Sembelit (1) UTI (1) addiction (1) air putih (1) aku (1) ambeian (1) apisate (1) asam urat (1) bakteri (1) berat badan ideal (1) berserat (1) bisnis online (1) blogguebo (1) carpal tunnel syndrome (1) cholesterol (1) coklat (1) cuaca (1) detox (1) diabetes (1) diet langsing (1) diet sehat (1) diet seimbang (1) dukun cilik (1) esofagus (1) flek kulit (1) foods (1) gangguan tidur (1) ginjal (1) google.jagoan (1) gout arthritis (1) haid (1) hasrat sex (1) health (1) hemorrhoid (1) hiperurisemia (1) hubungan senggama (1) ikan laut (1) index massa tubuh (1) infeksi dan respirologi (1) insomnia (1) janin (1) jantung (1) jombang (1) kandungan (1) kapalan (1) kecanduan (1) kesehatan (1) ketamine (1) kiat sehat (1) konstipasi (1) kuku kuning (1) kulit ideal (1) kulit indah (1) kulit kering (1) latihan fisik (1) lupus (1) makanan sehat (1) manfaat mandi (1) melamin (1) mendaftar Google Adsense (1) metode melahirkan (1) migrain (1) migren (1) minum susu (1) nutrisi (1) nyeri persalinan (1) obat anti gemuk (1) obat anti obesitas (1) obat langsing (1) orgasme (1) otot (1) penyakit kelamin (1) persalinan (1) pijat (1) pijat sehat (1) pirai (1) ponari (1) posisi (1) prediabetes (1) psoriasis (1) rahim (1) reaksi anfilaksis (1) saraf (1) sehat badan (1) selulit (1) serp (1) sex (1) sexual (1) sinar untraviolet (1) sircumsisi (1) solusi bagus (1) stroke (1) sunat (1) sunblock (1) tempat kerja (1) tumor otak (1) unusual CLM (1) wajah cantik (1) wanita (1) wasir (1)