Cara menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Dok bagaimana cara menghilangkan flek hitam pada wajah, jenis wajah saya kering dan bagaimana menghilangkan bekas cacar pada wajah.(0813465xxxxx)

Jawab:

Dr Arthur S, Sp.KK,Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin :

Terima kasih untuk pertanyaannya, masalah yang Anda tanyakan memang merupakan masalah yang sangat sering ditanyakan.

Untuk flek hitam pada wajah, ini memang merupakan masalah kosmetik yang umum ditemukan di negara tropis seperti Indonesia. Flek yang umum ditemukan di wajah terutama adalah, flek akibat peradangan (hiperpigmentasi pasca inflamasi) dan flek akibat sinar matahari. Hiperpigmentasi pasca inflamasi terjadi karena peningkatan produksi pigmen kulit akibat adanya peradangan, contohnya bila kulit kita terluka, dan ketika sembuh menimbulkan bekas yang berwarna hitam/gelap. Kalau flek akibat sinar matahari yang sering kita lihat adalah freckles (sun spots, sproeten) dan melasma. Freckles ini gambarannya berupa bintik-bintik flek hitam di wajah dan dada. Freckles ini lebih sering ditemukan pada orang yang mempunyai kulit berwarna cerah. Melasma biasanya memberikan gambaran berupa flek yang luas, umumnya terjadi di pipi, dahi, hidung, ataupun dagu. Freckles terutama terjadi karena sinar matahari, sedangkan melasma karena kombinasi sinar matahari dan hormon.

Perlu diingat bahwa tidak semua flek bisa dihilangkan. Untuk memastikan apakah flek tersebut dapat hilang atau tidak, perlu dilakukan pemeriksaan dengan alat khusus, seperti yang terdapat

di RS Pertamina Balikpapan. Bila fleknya dalam, tidak ada pengobatan apapun (bahkan LASER) yang dapat memberikan hasil maksimal pada tipe kulit orang Asia. Waspadailah iklan-iklan yang menyesatkan, karena bila tidak diobati dengan tepat, flek bukannya bertambah baik malah akan bertambah buruk.

Tindakan paling mudah yang bisa dilakukan untuk mengurangi flek adalah melindungi kulit kita dari paparan sinar matahari, yaitu dengan perlindungan fisik seperti payung dan topi, dan juga penggunaan tabir surya dengan SPF yang cukup. Tabir surya dengan SPF 30 cukup ideal untuk daerah tropis dan tipe kulit kita, karena memberikan perlindungan yang cukup dan juga tidak terlalu lengket. Hal yang sering tidak diketahui oleh pengguna tabir surya adalah bahwa pemakaian tabir surya ini harus diulangi setiap 2 jam, karena tabir surya yang kita gunakan mengalami kerusakan dalam melaksanakan tugasnya melindungi kulit kita dari sinar matahari. Penggunaan tabir surya dengan SPF sangat tinggi (misalnya SPF 60) juga tidak terlalu berguna untuk tipe kulit kita. Dengan berkurangnya jumlah sinar matahari yang mengenai pigmen kulit kita, flek tersebut lama-lama akan semakin memudar. Bila hasilnya masih dianggap kurang memuaskan, Anda bisa datang ke Spesialis Kulit Anda untuk mendapatkan pengobatan yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Setiap orang adalah unik, sehingga perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut secara spesifik mengenai permasalahan Anda, baik dari jenis flek yang anda alami, penyebab flek, karakteristik kulit anda, pekerjaan, dan banyak hal lainnya. Oh ya, tipe kulit kering, normal ataupun berminyak tidak berhubungan dengan timbulnya flek.

Bekas luka ada 2 macam, bekas luka yang lebih tinggi dibandingkan dengan permukaan kulit normal (skar hipertrofik), dan yang lebih rendah (skarhipotrofik). Skarhipotrofik, atau yang lebih umum dikenal sebagai bopeng, dibagi lagi menjadi tipe ice pick (bekas luka yang tajam seperti paku pemecahes), tipe box scar (bekas luka seperti kotak), tipe rolling (bekas luka yang melandai). Tiap tipe bekas luka mempunyai cara pengobatan yang berbeda-beda.

Untuk bekas cacar biasanya tipe box scar, terdapat beberapa alternatif pengobatan, dari krim, LASER, dermaroller, ataupun bedah kimia. Semua modalitas ini pada intinya mendorong pertumbuhan kolagen kulit sehingga sehingga diharapkan ketinggian bekas lukanya bisa kurang lebih sama dengan permukaan sekitarnya.

Pengobatan bekas luka ini memerlukan waktu yang cukup lama, sehingga Anda perlu sabar. Berdasarkan pengalaman Saya, kombinasi pengobatan dengan menggunakan krim, dermaroller, dan bedah kimia sudah memberikan hasil dalam 2 bulan, dan pasien biasanya sudah cukup puas pada bulan ke-6. Sekian penjelasan dari saya.(*)




3 Responses to “Situs Konsultasi Kesehatan Gratis dan Belajar Bisnis Internet”

  • dok, terus ada obat alami nggak? untuk flek hitam?
    makasih....

  • Unknown says:

    INFO CARA SAKIT CEPAT SEMBUH !
    1. Yang Maha Kuasa telah menyediakan semuanya. Sungguh dahsyat, asal jangan salah pilih.
    Contoh : matahari x bulan, pagi x malam, laki x perempuan, sakit x sembuh, manis x pahit.
    2. Sakit itu karena salah makan/ minum, sehingga tubuh keracunan, banyak polutan kotor, darah menjadi kental dan asam. Ini semua perlu dibersihkan dengan air.
    3. Renungkan :
    a). AIR ketuban ibu 9 bulan melindungi kita dan dilahirkan.
    b). AIR ASIH membesarkan kita.
    c). AIR dalam tubuh kita 70% dari berat badan.
    d). Obat itu kimia, AIR itu obat : diingatkan 3 bukti kunci kehidupan bukan obat membesarkan kita.
    4. Tidak semua AIR mempunyai kekuatan penyembuhan.
    Hanya sedikit di dunia yang bisa menyembuhkan, contoh :
    - AIR Zamzam di Arab Saudi
    - AIR Loudres di Perancis
    - AIR Pama di China
    - AIR Kahuripan di Indonesia
    Untuk mendapatkan AIR KAHURIPAN, sangatlah mudah. Tidak perlu bersusah payah menuju sumber air tersebut. Karena kini PT.AQUASIAIRINDO telah mengemas air tersebut untuk memudahkan bagi yang sakit dengan mudah mendapatkannya. Kini tersedia di Apotek, atau dapat dibeli di Stokis Kahuripan lihat di : www.kahuripan.co.id
    CARA MINUM :
    - Bila dalam masa pengobatan/perawatan, AIR KAHURIPAN dapat diminum setelah 1 jam mengkonsumsi obat. Dan sebaiknya segera dihabiskan air dalam botol tersebut, jika dibiarkan terbuka terlalu lama maka ion ORP Negatifnya menguap.
    -Dengan meminum AIR KAHURIPAN, proses penyembuhan lebih cepat.
    Demo kehebatan air kahuripan melawan berbagai jenis air lainnya dapat dilihat di : www.kahuripan.co.id
    - Bisa dibuktikan juga dengan mencelupkan buah apel dalam AIR KAHURIPAN. Setelah pencelupan, buah apel tetap tampak segar.
    Mengapa AIR KAHURIPAN bisa menyembuhkan berbagai penyakit?
    Jawabannya : Karena Dokter mengetahui sesorang sakit dari hasil uji lab darah, maka kebersihan darah itu sangat menentukan kesehatan seseorang.
    Info lebih lengkap kunjungi : www.kahuripan.co.id

  • shalom irene says:

    Saya fetria mau tanya dokter kalau masalah kulit ditangan / kaki seperti bekas alergi / gatal2 / pori2 memerah dipermukaan kulit tidak halus bisa ditangani gak?

What's on Your Mind...

Powered by Blogger.

Dukung saya dalam lomba SEO

dukung saya dlam lomba seo Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia

My Blog List

Popular Posts

Labels

Kaltim Post (20) Konsultasi (12) konsultasi kesehatan (11) aku jagoan seo (8) klinik kecantikan (5) Dokter (4) Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009 (4) obat generik (4) seo (4) Cacing Kulit (3) Cacing tambang (3) Dokter online (3) Serangan Jantung (3) belajar SEO (3) creeping eruption (3) cutaneous larva migrans (3) kanker otak (3) konsultasi kesehatan kulit (3) konsultasi kesehatan saraf (3) obat paten (3) sakit kepala (3) BB ideal (2) RSPB (2) Tribun kaltim (2) anak sehat (2) antibiotika (2) dokter umum (2) gairah sex (2) ibu hamil (2) infeksi saluran kemih (2) jagoan (2) kecerdasan (2) konsultasi sex (2) lomba SEO (2) rahasia laki-laki (2) sex hamil (2) situs kesehatan (2) ASI (1) Albendazole 4% (1) Albumin (1) Angin Duduk (1) Angina Pectoris (1) BAB (1) BPPOM (1) Bersepeda (1) CRIPE (1) CTS (1) Cacar Air (1) Herpes zoster (1) ILA (1) ISK (1) Ikan Gabus (1) Ispa (1) Judul (1) KLL (1) Kencing manis (1) MBS (1) Odapus (1) Penyakit Tropik (1) Perawatan kaki (1) Problem seksual (1) Prostat (1) RS Soetomo (1) SKA (1) SLE (1) Sembelit (1) UTI (1) addiction (1) air putih (1) aku (1) ambeian (1) apisate (1) asam urat (1) bakteri (1) berat badan ideal (1) berserat (1) bisnis online (1) blogguebo (1) carpal tunnel syndrome (1) cholesterol (1) coklat (1) cuaca (1) detox (1) diabetes (1) diet langsing (1) diet sehat (1) diet seimbang (1) dukun cilik (1) esofagus (1) flek kulit (1) foods (1) gangguan tidur (1) ginjal (1) google.jagoan (1) gout arthritis (1) haid (1) hasrat sex (1) health (1) hemorrhoid (1) hiperurisemia (1) hubungan senggama (1) ikan laut (1) index massa tubuh (1) infeksi dan respirologi (1) insomnia (1) janin (1) jantung (1) jombang (1) kandungan (1) kapalan (1) kecanduan (1) kesehatan (1) ketamine (1) kiat sehat (1) konstipasi (1) kuku kuning (1) kulit ideal (1) kulit indah (1) kulit kering (1) latihan fisik (1) lupus (1) makanan sehat (1) manfaat mandi (1) melamin (1) mendaftar Google Adsense (1) metode melahirkan (1) migrain (1) migren (1) minum susu (1) nutrisi (1) nyeri persalinan (1) obat anti gemuk (1) obat anti obesitas (1) obat langsing (1) orgasme (1) otot (1) penyakit kelamin (1) persalinan (1) pijat (1) pijat sehat (1) pirai (1) ponari (1) posisi (1) prediabetes (1) psoriasis (1) rahim (1) reaksi anfilaksis (1) saraf (1) sehat badan (1) selulit (1) serp (1) sex (1) sexual (1) sinar untraviolet (1) sircumsisi (1) solusi bagus (1) stroke (1) sunat (1) sunblock (1) tempat kerja (1) tumor otak (1) unusual CLM (1) wajah cantik (1) wanita (1) wasir (1)