Gejala Dini Infeksi Saluran Kencing

PERNAH mengalami nyeri saat kencing dan kadang keluar darah? Jika pernah, waspadalah. Bisa jadi gejala tersebut merupakan pertanda awal Anda menderita infeksi saluran kencing. Jika ternyata Anda didiagnosis menderita penyakit ini, maka sebelum terlambat, segeralah lakukan tindakan pencegahan dan pengobatan yang tepat dan sedini mungkin.

Dokter umum Rumah Sakit Pertamina Balikpapan (RSPB) Windy Krisanti menjelaskan, infeksi saluran kencing atau Urinary Tract Infections (UTI) merupakan penyakit yang umum dialami pria maupun wanita. Infeksi pada saluran kencing ini, umumnya disebabkan oleh bakteri, yakni bakteri usus Eschericia coli yang dapat menginvasi saluran kencing (urethra) dan naik menuju kandung kemih.

”Trichomoniasis dan chlamydia juga dapat menyebabkan infeksi saluran kencing. Penyebab lainnya adalah stres, diet yang salah, turunnya daya tahan tubuh, kerusakan uretra saat lahir, operasi, dan lain-lain,” sebutnya.

Dia mengatakan, cystitis atau infeksi kandung kemih adalah jenis yang paling umum terjadi dari infeksi saluran kencing. Adapun gejalanya, ditandai dengan beberapa gejala, di antaranya adalah merasa selalu ingin buang air kecil, terasa panas atau nyeri saat buang air kecil, keluar darah saat buang air kecil, rasa sakit perut bagian bawah dan bau tidak sedap saat buang air kecil di pagi hari.

“Adanya darah dalam air kencing menunjukkan adanya kelainan lain selain infeksi saluran kencing. Hanya saja yang perlu diperhatikan adalah saat munculnya darah. Apakah darah keluar pada awal, akhir, atau sepanjang berkemih?” beber wanita yang akrab disapa dr Windy ini.

Dia memaparkan, darah yang muncul pada awal berkemih menunjukkan adanya kelainan pada saluran kencing bawah (uretra). Sementara darah yang keluar pada akhir berkemih menunjukkan kelainan pada kandung kemih. Sedangkan darah yang keluar sepanjang kencing menunjukkan kelainan pada saluran kencing atas atau kandung kemih.

Selain itu, tambahnya, perlu diperhatikan juga adanya gejala-gejala lain. Misalnya, kencing berdarah yang disertai nyeri pada pinggang, menunjukkan adanya batu pada saluran kencing.

Untuk mencegah infeksi saluran kencing ringan serta mencegah terjadinya infeksi kembali, Windy menyarankan untuk mencoba langkah-langkah sebagai berikut. Pertama, dengan meminum banyak air setiap hari dan sering-seringlah buang air kecil. Kedua, basuh alat kelamin dari depan ke belakang untuk mencegah bakteri memasuki saluran kencing khusunya pada wanita. Ketiga, gunakan pelumas pada saat akan berhubungan seks. Makan dan tidur secara teratur serta hindari stres.

”Pengobatan pada infeksi saluran kencing adalah dengan menggunakan antibiotik. Pengobatan yang tidak serius dapat menyebabkan infeksi menyebar ke ginjal, sehingga jika gejala-gejala dan rasa sakit tetap ada segeralah berobat ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat,” tandasnya.(dha) Sumber : kaltimpost






Category Article , , , ,

10 Responses to “Situs Konsultasi Kesehatan Gratis dan Belajar Bisnis Internet”

  • Rokent says:

    DOK sya penah kencing warna kayak cocacola trus agk kecoklatan, trus saya ngrasa sakit yg luar biasa pad pinggang bagian kanan mkanya sya d bwa kedokter dan skrang sy udah BAK normal dan warnanya dah jernih tp sakit di pinggang msh agk ngilu2 masih terasa.
    Yg mo say tnya adalah saya ini sebenernya menderita sakit apa...???

  • Hendry says:

    DOK, jika kencing pada awalnya kencing mengeluarkan darah dan sering saat BAB juga mengeluarkan darah itu penyebabnya apa ya dok?? dan untuk mengatasinya bagaimana ya??
    Sering juga disertai dengan demam, badan lemes dan juga pusing-pusing hingga muntah. (kasusnya pada cewek)

  • Unknown says:

    tolong saya.....
    saya tidak tahu apa yang harus ku lakukan,
    empat hari yang lalu, tepatnya pada tanggal 31 des 2011,
    saat kencing, awalnya yang keluar nanah dan di akhiri darah, dari ujung rambut sampai ujung kali terasa menggigil, sakit sekali.
    untuk teman-teman yang tahu mengenai kasus ini, tolong kasih tahu jalan keluarnya,(sampai sekarang masih terasa sakit)
    ku mohon teman-teman.

  • thanks atas infonya,..,.,., semoga bermanfaat

  • Unknown says:
    This comment has been removed by the author.
  • joe says:

    Dok, saya mau bertanya. Hari ke 5 saya haid. Tiba2 perut bagian bawah saya sakit sekali. Sebentar hilang. Namum muncul lagi.
    Rasa ingin terus BAK, tpi pas saya pipis terasa sangat sakit dan pipis saya darah yg encer dok, bukan darah haid. Saya takut dok, itu penyebabnya apa dok?? Dan apa yg harus saya lakukan??

  • Unknown says:

    Dok,saat ini saya mengalami gejala spt diatas minus darah. Jd cm sakit saat terakhir bak dan perut sampai pinggang bag kanan bawah terasa sakit spt ada yang mengganjal. Itu isk kah ?

  • Unknown says:

    Dok,saat ini saya mengalami gejala spt diatas minus darah. Jd cm sakit saat terakhir bak dan perut sampai pinggang bag kanan bawah terasa sakit spt ada yang mengganjal. Itu isk kah ?

  • Unknown says:

    Dok saya saat kencing ko mengeluarkan gumpalan darah berwarna kafang warna tidak jernih kadang merah matang dan saat itu mengeluarkan segumpal daging yang putih biasa yang saya tanyakan sekarang ini gejala apa ya dog

  • Unknown says:

    Dok.. Mama sy tidak bisa BAK sudah 5 hari..dipasang kateter juga tetap tidak bisa BAK dan selalu menjerit kesakitan Saat Terasa ingin BAK.dan justru Ada darah sdkit keluar. Kira2 mama sy kena penyakit ap ya dok?

What's on Your Mind...

Powered by Blogger.

Dukung saya dalam lomba SEO

dukung saya dlam lomba seo Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia

My Blog List

Popular Posts

Labels

Kaltim Post (20) Konsultasi (12) konsultasi kesehatan (11) aku jagoan seo (8) klinik kecantikan (5) Dokter (4) Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009 (4) obat generik (4) seo (4) Cacing Kulit (3) Cacing tambang (3) Dokter online (3) Serangan Jantung (3) belajar SEO (3) creeping eruption (3) cutaneous larva migrans (3) kanker otak (3) konsultasi kesehatan kulit (3) konsultasi kesehatan saraf (3) obat paten (3) sakit kepala (3) BB ideal (2) RSPB (2) Tribun kaltim (2) anak sehat (2) antibiotika (2) dokter umum (2) gairah sex (2) ibu hamil (2) infeksi saluran kemih (2) jagoan (2) kecerdasan (2) konsultasi sex (2) lomba SEO (2) rahasia laki-laki (2) sex hamil (2) situs kesehatan (2) ASI (1) Albendazole 4% (1) Albumin (1) Angin Duduk (1) Angina Pectoris (1) BAB (1) BPPOM (1) Bersepeda (1) CRIPE (1) CTS (1) Cacar Air (1) Herpes zoster (1) ILA (1) ISK (1) Ikan Gabus (1) Ispa (1) Judul (1) KLL (1) Kencing manis (1) MBS (1) Odapus (1) Penyakit Tropik (1) Perawatan kaki (1) Problem seksual (1) Prostat (1) RS Soetomo (1) SKA (1) SLE (1) Sembelit (1) UTI (1) addiction (1) air putih (1) aku (1) ambeian (1) apisate (1) asam urat (1) bakteri (1) berat badan ideal (1) berserat (1) bisnis online (1) blogguebo (1) carpal tunnel syndrome (1) cholesterol (1) coklat (1) cuaca (1) detox (1) diabetes (1) diet langsing (1) diet sehat (1) diet seimbang (1) dukun cilik (1) esofagus (1) flek kulit (1) foods (1) gangguan tidur (1) ginjal (1) google.jagoan (1) gout arthritis (1) haid (1) hasrat sex (1) health (1) hemorrhoid (1) hiperurisemia (1) hubungan senggama (1) ikan laut (1) index massa tubuh (1) infeksi dan respirologi (1) insomnia (1) janin (1) jantung (1) jombang (1) kandungan (1) kapalan (1) kecanduan (1) kesehatan (1) ketamine (1) kiat sehat (1) konstipasi (1) kuku kuning (1) kulit ideal (1) kulit indah (1) kulit kering (1) latihan fisik (1) lupus (1) makanan sehat (1) manfaat mandi (1) melamin (1) mendaftar Google Adsense (1) metode melahirkan (1) migrain (1) migren (1) minum susu (1) nutrisi (1) nyeri persalinan (1) obat anti gemuk (1) obat anti obesitas (1) obat langsing (1) orgasme (1) otot (1) penyakit kelamin (1) persalinan (1) pijat (1) pijat sehat (1) pirai (1) ponari (1) posisi (1) prediabetes (1) psoriasis (1) rahim (1) reaksi anfilaksis (1) saraf (1) sehat badan (1) selulit (1) serp (1) sex (1) sexual (1) sinar untraviolet (1) sircumsisi (1) solusi bagus (1) stroke (1) sunat (1) sunblock (1) tempat kerja (1) tumor otak (1) unusual CLM (1) wajah cantik (1) wanita (1) wasir (1)