Apisate : Manfaat dan Efek Samping Obat Anti Obesitas

KaltimPost, Rabu,19 Maret 2008
Tanya:
Dok, Apisate itu obat apa? teman saya sering menggunakannya tanpa resep dokter.apa efek samping dan kegunaannya.? Apa bisa menimbulkan efek “ fly” ? terima kasih sebelumnya.
Jawab:

Terima kasih atas pertanyaanya dan semoga sehat selalu,
Penggunaan obat di dalam penyembuhan penyakit memang semakin mudah dan terjangkau.Di satu sisi ini menggembirakan bagi masyarakat, namun di sisi lain terkadang terjadi penggunaan yang salah. Semua ini adalah dampak dari bertambahnya jumlah penjual obat (apotek, toko obat, dan warung obat) maupun jenis obat yang dipasarkan.

Yang harus digarisbawahi bahwa obat merupakan suatu bahan yang menyebabkan perubahan fungsi-fungsi biologis dalam tubuh melalui serangkaian proses kimia. Karena itulah obat harus digolongkan untuk peningkatan keamanan penggunaan dan tepat sasarannya.

Secara sederhana penggolongan obat menjadi 3 jenis yaitu obat bebas, obat keras dan obat psikotropika /narkoba. Obat bebas adalah obat yang boleh dibeli tanpa resep dokter. Kalau kita mengenal istilah obat OTC (= Over The Counter),maka yang dimaksud adalah obat bebas ini. Sedangkan obat keras adalah obat berkhasiat keras yang harus dibeli dengan resep dokter dan dalam pengawasannya. Obat ini dikenal juga dengan golongan obat daftar G (Gevaarlijk = berbahaya).

Apisate seperti pertanyaan di atas merupakan salah satu jenis obat anti gemuk atau anti obesitas yang beredar di pasaran. Obat ini mengandung Diethylpropion Hcl 75 mg, dan beberapa jenis vitamin B. Obat pelangsing ini bekerja di otak dengan menekan nafsu makan seperti juga golongan obat amfetamin. Karena bekerja di sistem pusat (otak) maka penderita hipertensi, penyakit jantung , epilepsi, kencing manis harus berhati-hati menggunakannya. Yang perlu diingat juga obat ini dapat menimbulkan ketergantungan.
Efek samping yang harus diperhatikan seperti jantung berdebar, peningkatan tekanan darah, nyeri di dada, pusing, mengantuk, dan beberapa gangguan organ pencernaan.The Encyclopedia of Addictive Drugs melaporkan adanya menyalahgunaan golongan Diethylpropion. Ini dikarenakan golongan obat ini menekan nafsu makan di pusat (anorectic) seperti golongan amphetamine.Sehingga obat ini tidak direkomendasikan untuk menderita penyakit psikis ataupun penyalahgunaan obat (drug abuse).Bila tetap diberikan maka pada hari 1 sampai 3 pemakaian akan timbul perasaan senang dan rasa terbang, tetapi pada hari selanjutnya akan timbul rasa gelisah dan tidak tenang yang sangat mengganggu.
Secara umum obat anti gemuk itu terbagi dua bagian berdasar cara kerjanya. Pertama yaitu jenis obat yang memerintahkan pada otak untuk menekan nafsu makan. Kedua, jenis obat yang mempunyai cara kerja dengan membatasi penyerapan lemak dari makanan di lambung dan usus halus.

Baik Jenis pertama dan kedua mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing. Obat jenis pertama yang bekerja melalui otak, sangat besar kemungkinan untuk membuat pemakainya ketergantungan bila dibandingan jenis kedua. Sedangkan jenis obat kedua yang bekerja melalui pemblokkan lemak, akan melarutkan lemak yang berfungsi menyerap vitamin D, E, dan K. Jadi perlu menambah asupan vitamin jenis tersebut ke dalam tubuh
Apapun jenisnya, obat anti gemuk bukanlah pilar utama untuk mengatasi problem kegemukan.Pembatasan asupan kalori dan peningkatan aktivitas fisik merupakan pilar penting dalam pengaturan berat badan. Karena kegemukan merupakan masalah perilaku, maka perubahan perilaku juga perlu dilakukakan. Jadi cara potong kompas dengan mengandalkan obat saja tidak akan menyelesaikan masalah kegemukan.
Setelah tidak sembarang mengkonsumsi obat anti gemuk, tindakan bijak berikutnya adalah selalu berkonsultasi dengan dokter ahli bila hendak menggunakan obat. Semoga sehat selalu.

gambar diambil dari http://blognyayoga.wordpress.com/category/health/


Category Article , , , , ,

What's on Your Mind...

Powered by Blogger.

Dukung saya dalam lomba SEO

dukung saya dlam lomba seo Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia

My Blog List

Popular Posts

Labels

Kaltim Post (20) Konsultasi (12) konsultasi kesehatan (11) aku jagoan seo (8) klinik kecantikan (5) Dokter (4) Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009 (4) obat generik (4) seo (4) Cacing Kulit (3) Cacing tambang (3) Dokter online (3) Serangan Jantung (3) belajar SEO (3) creeping eruption (3) cutaneous larva migrans (3) kanker otak (3) konsultasi kesehatan kulit (3) konsultasi kesehatan saraf (3) obat paten (3) sakit kepala (3) BB ideal (2) RSPB (2) Tribun kaltim (2) anak sehat (2) antibiotika (2) dokter umum (2) gairah sex (2) ibu hamil (2) infeksi saluran kemih (2) jagoan (2) kecerdasan (2) konsultasi sex (2) lomba SEO (2) rahasia laki-laki (2) sex hamil (2) situs kesehatan (2) ASI (1) Albendazole 4% (1) Albumin (1) Angin Duduk (1) Angina Pectoris (1) BAB (1) BPPOM (1) Bersepeda (1) CRIPE (1) CTS (1) Cacar Air (1) Herpes zoster (1) ILA (1) ISK (1) Ikan Gabus (1) Ispa (1) Judul (1) KLL (1) Kencing manis (1) MBS (1) Odapus (1) Penyakit Tropik (1) Perawatan kaki (1) Problem seksual (1) Prostat (1) RS Soetomo (1) SKA (1) SLE (1) Sembelit (1) UTI (1) addiction (1) air putih (1) aku (1) ambeian (1) apisate (1) asam urat (1) bakteri (1) berat badan ideal (1) berserat (1) bisnis online (1) blogguebo (1) carpal tunnel syndrome (1) cholesterol (1) coklat (1) cuaca (1) detox (1) diabetes (1) diet langsing (1) diet sehat (1) diet seimbang (1) dukun cilik (1) esofagus (1) flek kulit (1) foods (1) gangguan tidur (1) ginjal (1) google.jagoan (1) gout arthritis (1) haid (1) hasrat sex (1) health (1) hemorrhoid (1) hiperurisemia (1) hubungan senggama (1) ikan laut (1) index massa tubuh (1) infeksi dan respirologi (1) insomnia (1) janin (1) jantung (1) jombang (1) kandungan (1) kapalan (1) kecanduan (1) kesehatan (1) ketamine (1) kiat sehat (1) konstipasi (1) kuku kuning (1) kulit ideal (1) kulit indah (1) kulit kering (1) latihan fisik (1) lupus (1) makanan sehat (1) manfaat mandi (1) melamin (1) mendaftar Google Adsense (1) metode melahirkan (1) migrain (1) migren (1) minum susu (1) nutrisi (1) nyeri persalinan (1) obat anti gemuk (1) obat anti obesitas (1) obat langsing (1) orgasme (1) otot (1) penyakit kelamin (1) persalinan (1) pijat (1) pijat sehat (1) pirai (1) ponari (1) posisi (1) prediabetes (1) psoriasis (1) rahim (1) reaksi anfilaksis (1) saraf (1) sehat badan (1) selulit (1) serp (1) sex (1) sexual (1) sinar untraviolet (1) sircumsisi (1) solusi bagus (1) stroke (1) sunat (1) sunblock (1) tempat kerja (1) tumor otak (1) unusual CLM (1) wajah cantik (1) wanita (1) wasir (1)