Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia


Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia. Dunia blogging Indonesia terus bergerak dinamis, seperti dinamisnya kehidupan di dunia nyata. Dulu dan sekarang kondisi blogging Indonesia berbeda. Dulu hanya sedikit yang tahu tentang blog dan blogger, panduan blog atau apa itu blog. Sebagian besar blog berisi curhat pribadi atau saling mengomentari antar blog merupakan kunjungan rutin. Sedikit sekali blog yang dimanfaatkan untuk menambah penghasilan dari dunia online.

Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia


Kondisi blogger sekarang jauh berbeda sejak era CMS (Content Management System). Jumlah blog bertambah banyak seolah ingin mengusai komunitas di online. CMS seperti wordpress, blogger , blogdetik, dagdigdug dan lain- lain menjadikan mudahnya membuat sebuat blog gratis. Maka booming blog di Indonesia mulai marak di awal tahun 90-an. Era ini dimanjakan pula dengan mudah dan murahnya mendapatkan sarana online seperti internet. Provider telekomunikasi menambah jaringannya menembus pelosok nusantara. Warnet menjamur di mana- mana. Mulai munculnya modem internet dengan harga terjangkau juga semakin memudahkan para blogger berinternet ria.

Keberadaan jejaring sosial dan sosial bookmarking seperti facebook , twitter . myspace dan lain – lain seharusnya menambah amunisi para blogger Indonesia dalam mengarungi dunia blogger . Tetapi yang terjadi malah kontraproduktif. Blogger Indonesia mulai merasakan dampaknya facebook dan twitter yaitu mulai berkurangnya jumlah posting dalam blog – blog mereka. Mereka lebih senang berfacebook ria dan bertweet ria. Tidak perlu menulis yang panjang , cukup beberapa kata sudah bisa memposting di wall facebook dan twitter.


Para Blogger yang masih ‘kekeh’ dengan ide dan idealismenya tidak terpengaruh kondisi ini. Bahkan tantangan yang muncul menjadikan mereka bertambah semangat berbagi melalui posting di blog mereka. Salah satu aliran blogger yang semakin populer adalah bagaimana memanfaatkan blognya untuk menghasilkan pendapatan yang tidak kalah di dunia nyata. Semakin banyak blogger yang menjadikan blog sebagai tumpuan menyambung rezeki baik yang fulltime blogger maupun parttime blogger. Istilah making money with internet, internet marketing, bisnis online , making money with blogging maupun blogpreneur menjadi istilah yang biasa ditulis di header blog secara terang-terangan.

Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia

Aliran Blogpreneur Indonesia ini telah berhasil merebut hati sebagian blogger untuk memonetisasi blognya. Dahulu blog yang sekedar sebuah catatan harian, curhatan hati, media publikasi, sampai dengan program media non komersial sekarang merubah menjadi blogpreneur. Lagi apakah maksud dari blogpreneur?

Agak sulit mencari definisi dari blogpreneur. Apakah blogpreneur sama dengan internet marketing atau bisnis online atau istilah lainnya yang berkaitan dengan monetisasi blog . Mana yang lebih besar cakupannya apakah blogpreneur lebih luas dibandingkan dengan internet marketing atau sebaliknya , tentu bukan ditulisan ini membahasnya.

Blogpreneur apabila kita lihat dari asal katanya terdiri dari blog dan entrepreneur. Menurut Wikipedia, blog adalah singkatan dari kata Weblog, yaitu suatu bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (biasanya dimuat sebagai bentuk posting) pada sebuah halaman web umum. Istilah weblog pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997 untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinyu dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri di blog yang dikunjungi. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari blogging sendiri.

Menurut Blogger.com, dalam istilah yang sederhana, blog adalah sebuah situs blog yang mana kita dapat menuliskan hal – hal yang berdasarkan peristiwa yang sedang berlangsung. Apa yang baru kita tulis ( update blog) , akan muncul paling atas sehingga pengunjung akan membaca apa yang kita tulis tersebut. Selanjutkan mereka dapat berkomentar, mengutip, menambahkan link atau mengirim surat elektronik kepada blogger.

Dari berbagai definisi tersebut dapat kita tarik kesimpulan bahwa sifat blogging adalah dinamis, menyesuaikan kondisi blogosphere yang dinamis pula sifatnya. Kalau pada awalnya disebutkan blog adalah website pribadi sekarang bisa saja beberapa blogger mendirikan sebuah blog bersama dengan dukungan platform CMS yang sangat membantu. Dahulu untuk sharing artikel harus mengutip di blog kita, sekarang tinggal klik saja artikel menarik bisa kita sharing di facebook, twitter dan dari situs jejaring yang lain.

Sedangkan istilah entrepreneur diserap dari Bahasa Inggris dan Bahasa Perancis. Dalam Bahasa Perancis, entreprendre, berarti menjalankan atau melakuan usaha. Sementara apabila kita padankan dalam Bahasa Indonesia, makna yang paling dekat adalah wirausaha. Wirausaha berarti orang yang perkasa dalam menekuni usaha untuk mencapai hasil. Sedang menurut para ahli semisal Thomas Zimmerer, entrepreneur berarti seseorang yang menciptakan bisnis baru dengan segala resiko dan ketidakpastian untuk mencapai keuntungan dan pertumbuhan dengan mengidentifikasi peluang dari sumber –sumber yang perlu untuk memanfaatkan kesempatan tersebut.

Jadi Blogpreneur Indonesia bila diterjemahkan secara bebas ke dalam Bahasa Indonesia berarti aktifitas yang dilakukan oleh seseorang dan atau sekumpulan orang untuk mencapai tujuan kemandirian ekonomi melalui usaha yang dijalaninya tanpa ada hubungan dan karyawan yang dijalankan melalui blog. Secara singkat, blogpreneur dapat dipadankan dengan bisnis melalui wahana blog.

Jalan Menuju Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia

Bagaimana sebuah blog dapat dijadikan wahana berbisnis? Dari mana mereka mendapatkan uang melalui blog? Bagaimana cara mendapatkan uang melalui blog? Apakah ada blogger Indonesia yang kaya lewat kegiatan blogging? Tentu akan banyak pertanyaan terlontar dari blogger ketika akan memulai bisnis ini.

Secara sederhana ada tiga metode sebuah blog bisa menghasilkan pendapatan online ( profitable). Ketiga motede tersebut adalah :

1. Advertising
2. Affiliate marketing
3. Menjual produk dan jasa

Penjelasan sederhana dari hal tersebut di atas adalah kita dapat memdapatkan penghasilan online dengan menempatkan iklan di blog kita. Selain itu kita dapat menjual produk sebagai afiliasi di mana kita mendapatkan komisi untuk setiap penjualan yang direferensikan. Produk dan jasa dapat pula kita tawarkan melalui blog kita. Ada banyak turunan dari ketiga hal tersebut diatas dalam rangka membuat blog kita menjadi blogpreneur.

Penjelasan lengkap tentang blogpreneur, telah digambarkan secara ringkas oleh Darren Rowse pemilik blog problogger.net. sebagai seorang blogger kelas dunia, beliau membuatkan mindmapping yang berjudul “Ways to make money blogging”.
Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia Ways to Make Money Blogging 1024x659 Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia


Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia

Menurut Darren Rowse ada 6 jalan apabila blogger Indonesia ingin menjadi blogpreneur. Jalan- jalan tersebut adalah advertising, affiliasi, flipping atau menjual blog, menjual jasa atau service, menjual produk, program kontinu dan program- program indirect lainnya.
Kenyataan Internet Marketing di Indonesia

Dunia internet marketing di Indonesia sempat berada di jalan yang salah beberapa tahun yang lalu ( atau masih sampai sekarang?). Aktifitas internet marketing selama ini biasanya berfokus pada penjualan produk digital semacam e-book. Blogger membayar hak premium untuk masuk ke member area untuk mendownload e-book tersebut. Padahal internet marketing lebih luas dari sekedar jual ebook premium saja. Jadi tidak hanya sekedar jualan ebook mimpi, tetapi banyak jalan untuk menjadi blogpreneur.

Jenis monetisasi blog yang banyak juga di Indonesia adalah memanfaatkan jasa periklanan atau advertising. Salah satu contohnya adalah IBN ( Idblognetwork ).

Blogger tinggal menyediakan ruang kosong di blognya untuk menampilkan iklan dari pihak pengiklan (advertiser). Jadi masih banyak cara untuk meningkatkan eaning blog disesuaikan dengan niche kita pada bidang blogging yang diminati.
Komunitas Blogpreneur : Blogger Nusantara

Semakin banyak blogger yang menjadi blogpreneur maka secara naluri ada keinginan membentuk komunitas blogpreneur. Diharapkan komunitas blogpreneur tersebut menjadi tempat untuk saling bertukar informasi dan pengetahuan seputar bidang bisnis online. Komunitas online ini bisanya saling berdiskusi melalui forum, konferensi, email maupun mailing-list.

Komunitas online ini biasanya diikuti dengan keinginan untuk kopi darat atau kopdar. Halangan letak geografi bukanlah penghambat yang memutuskan jarring silaturahmi mereka. Komunitas blogpreneur menjadi real dengan bertemunya mereka secara tatap muka.
Blogger Nusantara, Harapan dan Opini

Banyaknya komunitas blogpreneur yang berdiri dan terus berkembang di Indonesia. Salah satunya adalah Blogger Nusantara. Blogger Nusantara ini digagas oleh rekan-rekan blogger yang bersifat lintas daerah dan lintas komunitas. Sebagai paguyuban Blogger, mereka merusaha memnupuk semangat kebersaamman dan rasa bersaudara di dunia online.

Blogger Nusantara merusaha menjadi wadah Blogger Indonesia untuk berkarya , berkreasi dan menjadi blogpreneur. Sejarah Blogger Nusantara ini berawal dari keinginan seorang blogger dari Surabaya, Gempurmedia. Setelah banyak blogger yang tergabung dalam Bloglicius, dan menanggapinya dengan antusias. Kemudian ditangkap dan difasilitasi oleh IBN bersama rekan-rekan, berkembang untuk menjadikannya sebagai wadah blogger Indonesia bernama Blogger Nusantara.

Salah satu keinginan Mas Gempur Abdul Gafur menyelengarakan KOPDAR 1000 Blogger Nusantara yaitu event Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia

Mengumpulkan blogger dalam satu even besar dan bermafaat merupakan mimpi menarik untuk diwujudkan.Even besar karena ekspektasi di angka 1000-an blogger dan bermanfaat karena ada hasil yang dibawa pulang setelah acara.

Tak sekadar pesta tapi lebih pada silaturrahim antarsesama blogger yang berujung pada kemakmuran bersama membawa blogger indonesia ke arah yang lebih bermartabat dengan muatan sharing edukasi yang tinggi.

Harapan saya sederhana, kopdar blogger nusantara ini merupakan ajang bertemu dan saling tegur sapa offline antarsesama blogger yang kesehariannya hanya bertemu di ruang maya. Pertemuan ini sepatutnya didesain agar para blogger tidak tersekat dengan asal-muasal kedaerahannya ketika berada di lokasi acara.



Salah satu aturannya mungkin bisa dibuat berkelompok 10 orang yg berisi dari 10 blogger dari daerah berbeda pada tiap sesi pertemuannya. Ganti sesi ganti anggota, 10 orang yang bebeda lagi. Dengan demikian, bila ada 3 sesi acara saja, 1 orang blogger bisa berkenalan dengan 29 blogger dari daerah lainnya.



Agar tak mudah lupa, blogger wajib bawa print out kartu nama sederhana (kertas HVS pun bisa) minimal 100 lbr berisi

nama:…

blog: …

asal: …

atau bisa dengan format lainnya yang lebih mudah diimplementasikan.



Dijamin dengan model seperti akan sangat terasa manfaatnya. Bayangkan jika 1000 orang berkumpul bawa gadgetnya masing-masing dan update blognya, statusnya, dan fotonya di jam yang bersamaan. WOW… *jebol ISP-nya* icon biggrin Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia

Hanya dapat membayangkan…!!!

by Gempur Abdul Ghofur’s http://www.facebook.com/note.php?note_id=188976697825621

Salah satu event yang akan digelar, yang mereka menyebutnya sebagai anomali, adalah Kopdar 1000 Blogger Nusantara yaitu Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia. Kenapa disebut anomali atau suatu keanehan? Ya karena acara besar biasanya di ibukota Jakarta, tetapi malah digelar di kota Sidoarjo. Sebuah kota yang lebih terkenal dengan lumpur lapindo daripada kerajinan kulit yang dulu sempat merajai pasar sepatu dan tas lokal.

Kopdar dan beberapa acara lomba seperti lomba seo ini, yang digelar Blogger Nusantara menjadikan event ini bernilai bagi para blogger Indonesia. Tentu diharapkan manfaat nyata buat mereka dalam belajar di dunia blogger dan menjadi blogpreneur. Seluruh potensi para blogger Indonesia bisa dirangkum, diarahkan, dan disharing untuk menghasilkan blogpreneur yang bermanfaat untuk bangsa Indonesia.

Akhirnya semoga opini yang positif muncul dengan sendirinya apabila blogger nusantara mampu mewujudkan mimpi mereka , menjadikan dunia blog yang indah dan bermanfaat untuk Indonesia dan Nusantara.

Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia

3 Responses to “Situs Konsultasi Kesehatan Gratis dan Belajar Bisnis Internet”

What's on Your Mind...

Powered by Blogger.

Dukung saya dalam lomba SEO

dukung saya dlam lomba seo Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia

My Blog List

Popular Posts

Labels

Kaltim Post (20) Konsultasi (12) konsultasi kesehatan (11) aku jagoan seo (8) klinik kecantikan (5) Dokter (4) Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009 (4) obat generik (4) seo (4) Cacing Kulit (3) Cacing tambang (3) Dokter online (3) Serangan Jantung (3) belajar SEO (3) creeping eruption (3) cutaneous larva migrans (3) kanker otak (3) konsultasi kesehatan kulit (3) konsultasi kesehatan saraf (3) obat paten (3) sakit kepala (3) BB ideal (2) RSPB (2) Tribun kaltim (2) anak sehat (2) antibiotika (2) dokter umum (2) gairah sex (2) ibu hamil (2) infeksi saluran kemih (2) jagoan (2) kecerdasan (2) konsultasi sex (2) lomba SEO (2) rahasia laki-laki (2) sex hamil (2) situs kesehatan (2) ASI (1) Albendazole 4% (1) Albumin (1) Angin Duduk (1) Angina Pectoris (1) BAB (1) BPPOM (1) Bersepeda (1) CRIPE (1) CTS (1) Cacar Air (1) Herpes zoster (1) ILA (1) ISK (1) Ikan Gabus (1) Ispa (1) Judul (1) KLL (1) Kencing manis (1) MBS (1) Odapus (1) Penyakit Tropik (1) Perawatan kaki (1) Problem seksual (1) Prostat (1) RS Soetomo (1) SKA (1) SLE (1) Sembelit (1) UTI (1) addiction (1) air putih (1) aku (1) ambeian (1) apisate (1) asam urat (1) bakteri (1) berat badan ideal (1) berserat (1) bisnis online (1) blogguebo (1) carpal tunnel syndrome (1) cholesterol (1) coklat (1) cuaca (1) detox (1) diabetes (1) diet langsing (1) diet sehat (1) diet seimbang (1) dukun cilik (1) esofagus (1) flek kulit (1) foods (1) gangguan tidur (1) ginjal (1) google.jagoan (1) gout arthritis (1) haid (1) hasrat sex (1) health (1) hemorrhoid (1) hiperurisemia (1) hubungan senggama (1) ikan laut (1) index massa tubuh (1) infeksi dan respirologi (1) insomnia (1) janin (1) jantung (1) jombang (1) kandungan (1) kapalan (1) kecanduan (1) kesehatan (1) ketamine (1) kiat sehat (1) konstipasi (1) kuku kuning (1) kulit ideal (1) kulit indah (1) kulit kering (1) latihan fisik (1) lupus (1) makanan sehat (1) manfaat mandi (1) melamin (1) mendaftar Google Adsense (1) metode melahirkan (1) migrain (1) migren (1) minum susu (1) nutrisi (1) nyeri persalinan (1) obat anti gemuk (1) obat anti obesitas (1) obat langsing (1) orgasme (1) otot (1) penyakit kelamin (1) persalinan (1) pijat (1) pijat sehat (1) pirai (1) ponari (1) posisi (1) prediabetes (1) psoriasis (1) rahim (1) reaksi anfilaksis (1) saraf (1) sehat badan (1) selulit (1) serp (1) sex (1) sexual (1) sinar untraviolet (1) sircumsisi (1) solusi bagus (1) stroke (1) sunat (1) sunblock (1) tempat kerja (1) tumor otak (1) unusual CLM (1) wajah cantik (1) wanita (1) wasir (1)